1. Tujuan kelompok
Kebanyakan
metode pembelajaran kooperatif menggunakan beberpa bentuk tujuan kelompok.
Dalam Metode Pembelajaran Tim siswa, ini bisa berupa sertifikat atau
penghargaan lainnya yang diberikan kepada tim yang memnuhi kriteria yang telah
ditentukan sebelumnya.
2.
Tanggung Jawab Individual
Tanggung
jawab individual ini dilaksanakan dalam dua cara, pertama yaitu dengan
menjumlahkan skor kelompok atau nilai rata-rata kuis individual atau penilaian
lainnya. Yang kedua adalah spesialisasi tugas, di mana tiap siswa diberikan
tanggung jawab khusus untuk sebagian tugas kelompok.
3.
Kesempatan Sukses Yang Sama
Karakter unik dari metode pembelajaran Tim
siswa adalah penggunaan metode skor yang memastikan semua siswa mendapatkan
sukses yang sama dan kesempatan yang sama untuk berkontribusi dalam timnya.
4.
Kompetisi tim
Studi
tahap awal STAD dan TGT menggunakan kompetisi antar tim sebagai sarana untuk
memotivasi siswa untuk bekerja sama dengan anggota lainnya.
5.
Spesialisasi tugas
Unsur
utama dari jigsaw, group investigasi, dan metode spesialisasi tugas lainnya
adalah tugas untuk melaksanakan sub-tugas terhadap masing-masing anggota
kelompok.
6.
Adaptasi terhadap kebutuhan kelompok.
Kebanyakan
metode mungkin menggunakan pembelajaran kooperatig menggunakan pengajaran yang
mempercapat langkah kelompok, tetapi ada dua yaitu TAI dan CIRC mengadaptasi
pengajaran terhadap kebutuhan individual.
Sumber : Slavin, R. E. (2005).
Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung. Penerbit Nusa Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar