Rabu, 28 Desember 2016

Tipologi Pembelajaran Kooperatif

1.   Tujuan kelompok

    Kebanyakan metode pembelajaran kooperatif menggunakan beberpa bentuk tujuan kelompok. Dalam Metode Pembelajaran Tim siswa, ini bisa berupa sertifikat atau penghargaan lainnya yang diberikan kepada tim yang memnuhi kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.
2.      Tanggung Jawab Individual
      Tanggung jawab individual ini dilaksanakan dalam dua cara, pertama yaitu dengan menjumlahkan skor kelompok atau nilai rata-rata kuis individual atau penilaian lainnya. Yang kedua adalah spesialisasi tugas, di mana tiap siswa diberikan tanggung jawab khusus untuk sebagian tugas kelompok.
3.      Kesempatan Sukses Yang Sama
     Karakter unik dari metode pembelajaran Tim siswa adalah penggunaan metode skor yang memastikan semua siswa mendapatkan sukses yang sama dan kesempatan yang sama untuk berkontribusi dalam timnya.
4.      Kompetisi tim
Studi tahap awal STAD dan TGT menggunakan kompetisi antar tim sebagai sarana untuk memotivasi siswa untuk bekerja sama dengan anggota lainnya.
5.      Spesialisasi tugas
        Unsur utama dari jigsaw, group investigasi, dan metode spesialisasi tugas lainnya adalah tugas untuk melaksanakan sub-tugas terhadap masing-masing anggota kelompok.
6.      Adaptasi terhadap kebutuhan kelompok.
Kebanyakan metode mungkin menggunakan pembelajaran kooperatig menggunakan pengajaran yang mempercapat langkah kelompok, tetapi ada dua yaitu TAI dan CIRC mengadaptasi pengajaran terhadap kebutuhan individual.

Sumber : Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung. Penerbit Nusa Media.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar