Rabu, 28 Desember 2016

Konsep Dasar Media


       Secara umum media merupakan kata jamak dari “medium” yang berarti perantara atau pengantar, kata media berlaku untuk berbagai kegiatan usaha, seperti media dalam penyampaian pesan, media pengantar magnet atau panas dalam bidang teknik. Namun demikian, media bukan hanya berupa alat atau bahan saja, akan tetapi hal-hal lain yang menemukan siswa dapat memperoleh pengetahuan.
       Menurut Gerlach secara umum media itu meliputi orang, bahan, peralatan, atau kegiatan yang menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan. Keterampilan dan sikap jadi, dalam pengertian media bukan hanya alat perantara seperti TV, Radio, slide, bahan cetakan, tetapi meliputi orang atau manusia sebagai sumber belajar atau juga berupa kegiatan sesama, diskusi, seminar, karya wisata, simulasi dan sebagainya yang dikondisikan untuk menambah pengetahuan dan wawasan, mengubah sikap atau untuk menambah keterampilan.
a.    Pentingnya media pembelajaran
       Mengajar dapat di panjang sebagai usaha yang dilakukan guru agar siswa belajar, sedangkan yang dimaksud dengan belajar itu sendiri adalah proses perubahan tingkah laku yang diperoleh melalui pengalaman. Pengalaman langsung adalah pengalaman yang diperoleh dari aktivitas  sendiri pada situasi yang sebenarnya. Bahwa pengalaman belajar yang diperoleh siswa dapat melalui proses perbuatan atau mengalami sendiri apa yang dipelajari, proses mengamati dan mendengarkan melalui media tertentu dan proses mendengarkan melalui bahasa semakin konkrit siswa mempelajari bahan pengajaran. Contohnya melalui pengalaman langsung maka semakin banyak pengalaman yang diperoleh siswa semakin abstrak bahasa verbal maka semakin sedikit pengalaman yang akan diperoleh siswa.
b.    Fungsi Dan Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran
•    menangkap suatu objek atau peristiwa – peristiwa tertentu
•     memanipulasi keadaan, peristiwa, atau objek-objek tertentu
•    menambah gairah dan motivasi belajar siswa
      Penggunaan media dapat menambah motivasi siswa sehingga perhatian siswa terhadap materi pembelajaran dapat lebih meningkat. Dalam kondisi ini media dapat berfungsi :
•    Menampilkan objek yang terlalu besar untuk dibawa kedalam kelas
•    Memperbesar serta memperjelas objek yang terlalu kecil yang sulit dilihat oleh mata telanjang, seperti sel-sel butir, darah/ molekul bakteri dan sebagainya.
•    Mempercepat gerekan suatu proses yang terlalu lambat sehingga dapat dilihat dalam waktu  yang tepat.
•    Memperlambat proses gerakan yang terlalu cepat
•    Menyederhanakan suatu objek yang terlalu kompleks
•    Memperjelas bunyi-bunyian yang sangat lemah sehingga dapat ditangkap oleh telinga.
c.    Macam- macam Media Pembelajaran
•    media auditif, yaitu  media yang hanya dapat di dengar saja atau media yang hanya memiliki unsur suara, seperti radio, dan rekaman suara.
•    Media visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung suara
•    Media audiovisual yaitu jenis media yang selain mengandung suara juga mengandung unsur gambar yang bisa dilihat misalnya, rekaman Vidio, berbagai ukuran film, slide suara, dan lain sebagainya.
d.    Prinsip- prinsip Penggunaan Media
Prinsip pokok yang harus diperhatikan dalam penggunaan media pada setiap kegiatan belajar mengajar adalah bahwa dalam upaya memahami materi pelajaran.  Agar media pembelajaran benar-benar digunakan untuk membelajarkan siswa maka ada sejumlah  prinsip yang harus diperhatikan, diantaranya:
•    Media yang digunakan oleh guru harus sesuai dan diarahkan untuk mencapai tujuan pelajaran
•    Media yang akan di gunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran
•    Media pembelajaran harus sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kondisi siswa
•    Media yang akan digunakan harus memperhatikan efektivitas, dan efesien
•    Media yang digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoperasinya.
e.    Sumber Belajar
Yang dimaksud dengan sumber belajar adalah segala sesuatu dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari bahan dan pengalaman belajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dalam proses penyusunan perencanaan program pembelajaran. guru perlu menetapkan  sumber  apa yang dapat digunakan oleh siswa agar mereka dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Beberapa sumber belajar yang bisa dimanfaatkan oleh guru khususnya dalam setting proses pembelajaran didalam kelas di antaranya adalah:
•    Manusia sumber
•    Alat dan bahan pengajaran
•    Berbagai aktivitas dan kegiatan
•    Lingkungan atau setting


Tidak ada komentar:

Posting Komentar