Rabu, 28 Desember 2016

Prinsip – Prinsip Umum Yang Mendasari Metode Mengajar


Faktor- factor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar :
1.    Faktor raw input (yakni factor murid / anak itu sendiri ) dimana tiap anak  memiliki kondisi yang berbeda- beda dalam kondisi fisiologi dan kondisi psikologis
2.    Faktor environmental input (yakni factor lingkungan) , baik itu lingkungan alami maupun lingkungan social
3.    Faktor instrumental input, yang didalamnya antara lain terdiri dari:
a.     Kurikulum
b.    Program atau bahan pengajaran
c.    Sarana dan fasilitas
d.    Guru( tenaga Pengajar)
Adapun uraian mengenai factor –faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar adalah:
•    factor dari luar
factor dari luar terdiri dari:
a.    factor environ mental input ( Lingkungan)
Kondisi lingkungan juga dipengaruhi proses dan hasil belajar. Lingkungan fisik/ alami termasuk didalamnya adalah seperti keadaan suhu, kelembaban, kepengapan udara, dan sebagainya, lingkungan social, baik yang berwujud manusia maupun hal- hal lainnya, juga dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar.
b.    Faktor- factor Environ mental
Faktor- factor environ mental adalah factor yang keberadaan dan penggunaannya dirancangkan sesuuai hasil belajar yang diharapkan
•    Faktor dari dalam
Factor dari dalam adalah kondisi individu atau anak yang belajar itu sendiri, factor individu dapat dibagi menjadi dua bagian :
a.    kondisi fisiologis anak
Secara umum kondisi fisiologis, seperti kesehatan yang prima, tidak dalam keadaan capek, tidak dalam keadaan cacat jasmani, seperti kakinya atau tangannya (karena ini akan menggangggu kondisi fisiologis) dan sebagainya, akan sanagat membantu dalam proses dan hasil belajar. Karena pentingnya penglihatan dan pendengaran maka dalam lingkungan pendidikan formal, orang melakukan berbagai penelitian untuk menemukan bentuk dan cara menggunakan alat peraga yang dapat dilihat sekaligus didengar ( audio visual aids)
b.    kondisi psikologis
sebagaimana diuraikan terdahulu mengenai dasar-dasar  psikologis belajar dimana sikap manusia atau anak didik pada dasarnya memiliki kondisi psikologis yang berbeda-beda (terutama dalam hal kadar bukan dalam hal jenis), maka sudah tentu ( perbedaan-perbedaan itu sangat mempengaruhi  proses dan hasil belajar. Beberapa factor psikologis yang dianggap utama dalam hal mempengaruhi proses dan hasil belajar :
•    minat
•    kecerdasan
•    motivasi
•    kemampuan-kemampuan kognitif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar