Rabu, 28 Desember 2016

Kemandirian Dalam Belajar


a.       Arti dan prinsip yang melandasi
     Kemandirian dalam belajar diartikan sebagai aktivitas belajar yang berlangsungnya lebih didorong oleh kemauan sendiri, pilihan sendiri, dan tanggung jawab sendiri dari pembelajaran.
b.      Alasan yang menopang
     Serempak dengan perkembangan iptek ada beberapa alasan yang memperkuat konsep kemandirian dalam belajar, berikut alasan yang dikemukakan oleh Conny Semiawan, dan kawan-kawan (Conny S,. 1988: 14-16) sebagai berikut :
1.      Perkembangan iptek berlangsung pesat sehingga tidak mungkin lagi para pendidik untuk mengajarkan semua konsep dan fakta kepada peserta didik. Karena disebabkan oleh kemampuan manusia dalam menampung ilmu. Jalan keluarnya adalah peserta didik sejak dini dibiasakan bersikap selektif terhadap segala informasi yang membanjirinya.
2.      Penemuan iptek tidak mutlak benar 100%, sifatnya relative. Semua teori akan gugur karena adanya teori-teori baru yang sanggup membuktikan kekliruan teori tersebut. Untuk menghadapi hal seperti ini, perlu ditanamkan sikap ilmiah kepada peserta didik seperti keberanian bertanya, berpikir kritis dan analitis dalam menemukan sebab-sebab, dan pemecahan terhadap masalah.
3.      Menurut para ahli psikologi, para peserta didik mudah memahami konsep-konsep yang rumit dan abstrak jika disertai dengan contoh-contoh konkret dan wajar sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi masa kini.

4.      Dalam proses pendidikan dan pembelajaran pengembangan konsep seyogyanya tidak dilepaskan dari pengembangan sikap dan penanaman nilai=nilai ke dalam diri peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar