a. Arti
dan prinsip yang melandasi
Kemandirian dalam belajar diartikan
sebagai aktivitas belajar yang berlangsungnya lebih didorong oleh kemauan
sendiri, pilihan sendiri, dan tanggung jawab sendiri dari pembelajaran.
b. Alasan
yang menopang
Serempak dengan perkembangan iptek ada
beberapa alasan yang memperkuat konsep kemandirian dalam belajar, berikut
alasan yang dikemukakan oleh Conny Semiawan, dan kawan-kawan (Conny S,. 1988:
14-16) sebagai berikut :
1. Perkembangan
iptek berlangsung pesat sehingga tidak mungkin lagi para pendidik untuk
mengajarkan semua konsep dan fakta kepada peserta didik. Karena disebabkan oleh
kemampuan manusia dalam menampung ilmu. Jalan keluarnya adalah peserta didik
sejak dini dibiasakan bersikap selektif terhadap segala informasi yang
membanjirinya.
2. Penemuan
iptek tidak mutlak benar 100%, sifatnya relative. Semua teori akan gugur karena
adanya teori-teori baru yang sanggup membuktikan kekliruan teori tersebut.
Untuk menghadapi hal seperti ini, perlu ditanamkan sikap ilmiah kepada peserta
didik seperti keberanian bertanya, berpikir kritis dan analitis dalam menemukan
sebab-sebab, dan pemecahan terhadap masalah.
3. Menurut
para ahli psikologi, para peserta didik mudah memahami konsep-konsep yang rumit
dan abstrak jika disertai dengan contoh-contoh konkret dan wajar sesuai dengan
situasi dan kondisi yang dihadapi masa kini.
4. Dalam
proses pendidikan dan pembelajaran pengembangan konsep seyogyanya tidak
dilepaskan dari pengembangan sikap dan penanaman nilai=nilai ke dalam diri
peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar