Dengan diterimanya konsep PSH sebagai
konsep pendidikan maka berarti sifat kodrati pendidikan, yaitu upaya memperoleh
bekal untuk mengatasi masalah hidup sepanjang hidup lebih menembus dan menjiwai
penyelenggara semua system pendidikan. Adapun ciri-ciri khas PSH, yang
diharapkan menjiwai pendidikan masa kini dan pada masa mendatang.
Ciri-ciri
yang dimaksud adalah :
a. PSH
menghilangkan tembok pemisah antara sekolah dengan lingkungan kehidupan nyata
di luar sekolah.
b. PSH
menempatkan kegiatan belajar sebagai bagian integral dari proses hidup yang
berkesinambungan, sedangkan “sekolah” hanya merupakan sebagian (bahkan hanya
sebagian kecil) dari keseluruhan dari proses belajar yang dialami oleh
seseorang selama hidupnya.
c. PSH
lebih mengutamakan pembekalan sikap dan metode daripada isi pendidikan. PSH
yakin isi pendidikan lambat laun akan berubah. Yang lebih pokok bukan masalah
apa yang harus dipecahkan melainkan bekal dasar apa dan cara pemecahan yang
bagaimana yang harus diterapkan.
d. PSH
menempatakan peserta didik sebagai individu yang menjadi pelaku utama di dalam
proses pendidikan, yang mengarah pada pengembangan diri sendiri, autodidak yang
aktif kreatif, tekun, bebas dan bertanggung jawab.
Di samping ciri-ciri tersebut yang menjadi
alasann mengapa PSH perlu dilakukan adalah juga :
a. Pada
hakikatnya belajar berlangsung sepanjang hidup.
b. Sekolah
tradisional tidak dapat memberikan bekal kerja yang coraknya semakin tidak
menentu dan cepat berubah.
c. Pendidikan
masa balita punya peranan penting sebagai fondasi pembentukan kepribadian dan
bagi aktualisasi diri.
d. Sekolah
tradisional mengganggu pemerataan keadilan untuk memperoleh kesempatan
pendidikan.
e. Biaya
penyelenggara sekolah tradisional sangat mahal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar